Yuk belajar Maksud Di Balik Kode Pada Kemasan Makanan

Kode Pada Makanan Kemasan
Sumber Gambar : Tahupedia.com
Griya Cantik Sehat – kalau kita membeli makanan di market-market dekat rumah, ataupun supermarket yang besar. Maka kita selalu tidak lepas dari melihat tanggal kadaluarsa pada kemasan makanan yang hendak dipilih. Kita tentu menyadari bahwa tidak ada satupun diantara kita yang menginginkan membeli makanan yang sudah kadaluarsa.

Di beberapa kemasan produk mungkin tertera tanggal kadaluarsa secara jelas, tapi ada juga yang mencantumkan gabungan angka dengan huruf, dimana penyebutannya tidak dipisah. Sehingga membuat bingung beberapa orang yang membacanya. Mungkin kita salah satunya.


Nah, pada hari ini, kita akan belajar apa sih sebenarnya maksud kode pada kemasan makanan tersebut. sehingga kita sebagai konsumen menjadi tahu. Oh, ini maksud dari kode tersebut. dan pada akhirnya kita menjadi konsumen pintar yang dapat memilih makanan dalam kemasan yang baik.

Ketika kita melihat kode tersebut, biasanya tertera tanggal bukan. Tapi tahukah anda bahwa bisa terdapat 2-3 tanggal yang berbeda pada kemasan produk yang kita lihat. kenapa bisa seperti itu? Kode tersebut dibuat bukan tanpa alasan. Setidaknya ada 5 makna dari pemberian kode tersebut. Ingin tahu seperti apa? Tetap lanjutkan membacanya ya.

Kode Best by date atau Expired date (EXP)
Pertama kita akan memulai dengan kode best by date atau expired date. Kode ini mungkin sudah banyak diketahui oleh orang. Ya, kode ini menunjukkan kadaluarsanya suatu makanan.  Di setiap makanan dalam kemasan pastinya mencantumkan kode tersebut.

Hati-hati terhadap makanan dalam kemasan yang tidak tercantum expired date. Karena kita tidak mengetahui secara pasti kapan kadaluarsanya makanan tersebut. Bisa jadi, ketika kita memakan makanan tersebut. Makanan tersebut sudah dalam kondisi basi atau kadaluarsa, tentu akan membawa penyakit pada tubuh kita. Apalagi jika dikonsumsi oleh orang yang memiliki tubuh sensitif, maka biasanya akan ada efek samping setelah memakannya.

Kode Use by date atau Used before
Selanjutnya adalah kode use by date atau used before. Apa maksudnya? Kode ini bermakna saat yang paling baik mengonsumsi makanan tersebut. jadi makanan dalam kemasan memiliki waktu terbaik untuk dikonsumsi. Biasanya kode ini muncul pada makanan yang membutuhkan waktu untuk mengonsumsinya.

Beberapa makanan seperti tape atau yogurt mencantumkan kode tersebut pada setiap kemasannya. Agar kita sebagai konsumen tahu kapan saat yang tepat untuk menikmati makanan tersebut. makanan-makanan seperti ini biasanya dapat kita jumpai pada jajanan oleh-oleh, selain tape dan yogurt yang kami sebutkan sebelumnya. Dimana makanan tersebut tidak langsung dimakan, melainkan di bawa pulang untuk dikonsumsi bersama keluarga tercinta.  Sayang kan, ketika membeli makanan, sampai dirumah sudah basi.

Kode Pack by date
Lanjut ke pembahasan selanjutnya. Kode pack by date adalah kode yang menunjukkan kapan saat pengemasan produk. Biasanya kode ini terletak di luar kemasan. Kode ini berfungsi untuk mempermudah pendataan baik dari pihak produsen maupun distributor. Kode ini sangat jarang ditemukan di produk-produk kemasan. Silahkan anda cek dan cermati kode tersebut pada makanan dalam kemasan yang anda beli. Apakah anda dapat menemukannya?

Kode P/M atau Product by/manufactured by
Kode ini memiliki arti tanggal pembuatan produk tersebut. Jadi ketika perusahaan tersebut membuat produknya maka kode ini akan ikut tertera pada kemasan tersebut.

Contoh: LOT 07/07/2007

Kode ini banyak kita jumpai pada makanan kemasan seperti sosis, bakso, nugget, dll. Intinya pada makanan beku dapat kita jumpai dengan jelas. Pernahkah anda melihat kode tersebut?

Kode Sell by date
Kode terakhir yang menjadi pembahasan kita adalah kode sell by date. Sama dengan Kode Pack by date. Dimana kode ini sangat jarang dijumpai pada kemasan-kemasan produk. Kebanyakan tertera di kemasan box (kemasan yang lebih besar). Maksud dari kode tersebut adalah menandakan bahwa produk tersebut telah keluar dari gudang. Menarik bukan..

Itulah informasi yang dapat kami berikan untuk anda. Semoga dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Ingat, tetap jaga kesehatan dengan mengatur pola makan yang baik dan olahraga secara teratur. Insha Allah kita akan bertemu pada pembahasan selanjutnya. Bye-bye…

No comments:

Post a Comment