Mengenali Arti Kode Plastik Yang Ada Di Sekitar Kita

Kemasan plastik sudah sangat banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. khususnya di negara Indonesia. Jumlah pengguna plastik pun sangatlah banyak dan meningkat setiap harinya. Bagaimana tidak. Karena sebagian besar pembungkusnya masih menggunakan plastik. Baik di pasar tradisional maupun market-market besar. Namun saat ini mulai digalakkan gerakkan go green sehingga penggunaan plastik mulai berkurang.

Tapi tahukah anda sesungguhnya di balik setiap kemasan plastik yang anda gunakan terdapat sebuah kode yang memiliki makna. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai hal tersebut. sehingga ketika membeli produk berbahan plastik bisa lebih aman. Berikut uraiannya.



PETE atau PET
Bahan ini biasanya digunakan untuk pembuatan botol air mineral, jus, dll. Ciri dari plastik ini adalah transparan. Dan bahan ini hanya layak digunakan sekali pakai. Jika sudah terpakai harus dibuang karena bisa mempengaruhi kesehatan jika tetap menggunakannya. Hindari penggunaan air panas dengan bahan ini karena akan berakibat bahaya. Bahan ini akan aktif dengan panas, untuk itu hindari penggunaan air panas dengan bahan ini.

HDPE
High Density Polyethylene adalah bahan yang biasanya digunakan untuk membuat botol susu. Warna dari bahan ini putih seperti susu. Dan perlu anda ketahui bahan ini sama dengan bahan di atas hanya dapat digunakan satu kali saja.

PVC
Plyninyl Chloride adalah bahan berbahaya. Jenis ini sangat berbahaya bagi ginjal dan hati.  Bahan ini juga sangat susah untuk didaur ulang sehingga sangat tidak layak untuk dipertahankan lagi penggunaannya. Biasanya bahan ini digunakan untuk cling wrap dan botol.

LDPE (Low Density Polyethylene)
Adalah bahan yang digunakan untuk tempat makanan. Bahan ini mudah didaur ulang dan fleksibel. Bahan ini cukup aman untuk kesehatan tubuh kita.

PP (Polypropylene)
Bahan ini mempunyai ciri transparan namun tidak bening. Dari semua bahan yang disebutkan diatas. Bahan inilah yang aman untuk tempat makanan dan minuman. Jadi sekarang anda dapat perhatikan kode di setiap kemasan plastik yang anda beli. Jika terdapat kode PP makan makanan yang ada di dalamnya akan ikut terjamin

PS (Polystyrene)
Bahan ini dapat ditemukan pada sterofoam. Bahan ini sangat berbahaya jika digunakan untuk tempat makanan. Apalagi dalam kondisi panas. Bahan ini bukan hanya diproduksi pada saat pembuatan plastik saja, melainkan dari asap kendaraan, bahan konstruksi gedung dan asap rokok. Anda wajib menghindari bahan ini karena dapat berakibat pada syaraf anda. Jika anda menemukan pada kemasan yang anda beli. Maka saran kami jangan dikonsumsi apa yang ada didalamnya karena takut sudah tercemar dengan styrene tersebut.


Itulah arti kode plastik yang sering kita jumpai namun banyak yang belum paham. Semoga dengan memahami arti kode tersebut kita dapat lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang berkemasan. Agar kesehatan kita selalu dalam kondisi terbaik dan hasilnya dapat melakukan aktivitas tanpa ada gangguan apapun. Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya. 

No comments:

Post a Comment