Cara Mengobati Kuku Cantengan

Mengobati Kuku Cantengan
Sumber Gambar : mediskus.com
Apakah anda pernah mengalami kuku cantengan. Duh, pastinya rasa sakit yang dirasa membuat tidak enak berjalan. Dan harus ekstra hati-hati karena jika tersentuh ataupun tersenggol sedikit saja pada bagian cantengan, sakitnya bukan main.

Tentu diperlukan langkah-langkah yang jitu untuk mengobati kuku cantengan. Nah, pada hari ini kami akan membahas setidaknya ada 3 cara untuk mengobati kuku cantengan. 3 cara tersebut dimulai dari tingkatan terendah hingga level akut.


Kuku cantengan atau kuku bernanah, disebut juga Paronychia adalah infeksi kulit. Biasanya terjadi di dasar kuku jari tangan atau jari kaku. Cantengan biasanya disebabkan oleh gigitan serangga atau kebiasaan menggigit kuku sehingga mudah sekali terjangkit virus dan bakteri. Nah, untuk lebih detailnya berikut cara mengobati cantengan yang terbukti ampuh

Perendaman dengan air hangat
Perendaman dengan air hangat ini tergolong cara mengobati secara alami dan mudah. Cara ini merupakan langkah awal mengatasi cantengan ketika di awal-awal terasa sakit di sekitar kuku, kemudian kemerahan, bengkak dan jika disentuh keras.

Lakukan perendaman kuku yang terkena cantengan sebanyak 3 kali sehari selama 15 menit. Sebelumnya campurkan air hangat tersebut dengan garam. Hal tersebut akan mengurangi bengkak dan rasa sakit yang diderita

Krim antibiotic
Krim antibiotic yang digunakan sebagai obat cantengan bersifat topikal alias penggunaannya cukup dioles di bagian luar tubuh. Contohnya krim Gentamisin dan Klindamisin. Yang perlu diingat adalah krim ini untuk mengatasi cantengan ringan, jika dirasa cantengan yang dialami cukup berat. Maka disarankan untuk mengkonsumsi obat yang diminum guna memaksimalkan mengobati infeksi yang terjadi

Insisi dan drainasi
Cara menyembuhkan cantengan yang ketiga adalah dengan cara insisi. Cara ini dilakukan apabila kuku cantengan sudah bernanah, dimana nanah tersebut tertahan di bawah kulit atau kuku yang terasa sakit berdenyut. Karena jika kondisinya sudah seperti itu, obat yang dikonsumsi pun tidak akan mampu mengatasi cantengan tersebut.

Insisi adalah pembedahan kecil dengan dilakukan sayatan pada permukaan kulit yang bernanah. Untuk menghindari rasa sakit, maka diperlukan pembiusan lokal  dengan teknik blok anastesi terlebih dahulu. Sebaiknya cara ini dilakukan oleh dokter. Karena apabila tidak ditangani oleh dokter, maka bisa-bisa infeksi malah semakin menyebar.

Itulah tadi sekilas mengenai cara mengobati kuku cantengan. Perhatikan kebersihan tubuh anda, jangan hanya memperhatikan satu bagian saja. Usahakan cuci tangan anda setelah melakukan aktivitas agar bakteri dan kuman tidak dapat berkembang di dalam kuku anda. Ubah juga kebiasaan buruk anda yang dapat menyebabkan terjadinya kuku cantengan. Semoga info ini dapat membantu anda dan kita akan bertemu lagi di pembahasan selanjutnya. Sampai jumpa.

No comments:

Post a Comment