Tidak Tahan Menghadapi Diet? Yuk Simak Tips Sederhana ini

Diet
Sumber Gambar :healtmeup.com
Mempunyai berat tubuh yang ideal menjadi dambaan setiap orang. Oleh karenanya, banyak orang berlomba-lomba melakukan diet. Beragam diet mereka coba, mulai dari tingkat sederhana hingga yang benar-benar menyiksa tubuh.

Sebaiknya memang sebelum diet, dikonsultasikan kepada yang berpengalaman agar lebih cepat merasakan efeknya. Namun kita mengetahui, tidak ada yang instan dalam dunia ini. Sesuatu yang instan pasti memiliki efek samping. Nah, kebanyakan orang tidak sabar dalam berproses. Mereka inginnya serba instan. Minum produk A, besoknya ingin langsung kurus. Mungkinkah itu terjadi? Coba pikirkan baik-baik.


Tentunya ketika diet, banyak godaan datang menghampiri. Ketika kita pantang untuk memakan makanan tersebut. Tiba-tiba makanan tersebut muncul di hadapan kita, sehingga timbul rasa ingin mencicipinya. Lama-kelamanan keterusa dan akhirnya tidak jadi diet. Memang perlu langkah-langkah khusus agar kita dapat konsisten dalam program diet yang dilakukan. Yuk kita belajar tips sederhana berikut ini.

1.       Ingatlah motivasi awal anda
Ya, kami yakin setiap orang pasti memiliki motivasi untuk melakukan sesuatu. Tidak terkecuali dengan diet. Ada banyak motivasi yang ikut andil di dalamnya sehingga anda mau bersusah payah melakukan diet.

Nah, coba ingat motivasi awal anda ketika melakukan diet. Coba hadirkan semangat itu ke dalam kehidupan anda. Itu adalah salah satu cara agar mampu bertahan dalam program diet yang sedang dijalankan.

2.       Catatlah perkembangan diet anda
Mungkin kebanyakan dari kita tidak mencatat setiap perkembangan yang terjadi setelah beberapa waktu menjalankan program diet. Padahal dengan mencatat, kita seakan mendapatkan motivasi karena terjadi perubahan dalam tubuh kita walaupun memang sedikit. Tapi tentunya kita akan berpikir, jika ingin hasil maksimal tentu hal tersebut harus dilakukan lagi.

Maka, mulai dari sekarang catat setiap perkembangan yang terjadi dalam diet anda. Mungkin anda sudah turun 0,5 kg. mungkin bagi orang lain sedikit, namun bagi anda tentu itu suatu perubahan yang layak diberi penghargaan.

Kelebihan yang lain, ketika dirasa sudah melakukan diet namun tidak kunjung menemui perubahan. Maka kita dapat melihat catatan yang dibuat, mungkinada beberapa step yang kita lupa, atau ada peraturan yang kita langgar. Semuanya dalam terlihat dalam catatan tersebut.

3.       Hadiahkan kepada diri sendiri
Ini sangat penting. Mungkin terlihat konyol oleh sebagian orang. Namun ketika anda menghadiri seminar-seminar motivasi. Tentunya hal ini seringkali dikemukakan oleh para motivator. Lalu apa tujuannya? Agar kita lebih bersemangat dalam proses selanjutnya.

Sekarang coba anda bayangkan sendiri. Ketika seorang anak kecil yang disuruh belajar kemudian mendapatkan nilai baik. Maka orang tua memberikan hadiah kepada di anak tersebut. seketika itu juga pasti terlintas dala benaknya ada orang yang menghargai hasil jerih payahnya. Dan hal tersebut dapat memompa motivasi baru yang lebih tinggi daripada sebelumnya.

Sama halnya dengan diet. Ketika terjadi perubahan dalam jangka waktu yang telah anda tentukan sendiri. Maka coba beri hadiah kepada diri sendiri. Tidak perlu mahal. Mungkin jalan-jalan ke toko buku dambil membaca buku disana, Berjalan di taman bunga dengan melihat pemandangan yang menakjubkan, Menonton acara kesayangan, dan masih banyak lagi.  

4.       Cobalah mendisiplinkan diri
Tidak ada hasil maksimal yang didapat dari usaha setengah-setengah. Maka dari itu cobalah mendisiplinkan diri sendiri. Anda harus-benar-benar keras terhadap diri sendiri ketika ingin melanggar program diet tersebut. Ini untuk kebaikan anda, tidak mengapa keras. Toh nanti hasilnya anda sendiri yang menikmati.

Memang di awal-awal terasa susah karena tidak terbiasa, namun seiring berjalannya waktu maka kita akan terbiasa karenanya. Coba kumpul dengan orang yang sevisi agar dapat saling mengingatkan. Tentunya akan lebih mudah jika anda menemukan teman diet yang sama.


Cukup menarik bukan pembahasannya. Kami doakan agar anda yang saat ini sedang melakukan program diet mendapatkan hasil yang terbaik. Mari kita bersama-sama menggalakkan hidup sehat dan mengajak orang di sekeliling kita untuk hidup sehat agar hasilnya dapat dirasakan oleh lebih banyak orang. Bye-bye… 

No comments:

Post a Comment