Pentingnya Cuci Tangan Bagi Kesehatan Anda

Pentingnya Cuci Tangan
Sumber Gambar : rsiafamily
Apakah anda sering mencuci tangan? Seberapa sering? Atau bahkan anda jarang mencuci tangan. Tahukah anda bahwa di dalam tangan kita terdapat banyak sekali kuman penyakit seperti yang dikatakan oleh Dr. Mercola di Optimal Wellness Center, Chicago.

Walaupun terbilang sepele. Namun pentingnya cuci tangan berefek pada kesehatan kita. Jika kita jarang mencuci tangan, maka akan beresiko besar kepada kesehatan kita. Setiap hari tangan kita memegang benda-benda disekitar. Mungkin benda-benda tersebut sekilas nampak bersih, namun kita tidak pernah tahu berapa banyak kuman yang ada disana.


Dari banyaknya kuman atau bakteri yang berbahaya, salmonella, campylobacter dan norovirus adalah bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada lambung. Bakteri-bakteri tersebut seringkali berpindah tangan melalui perantara tangan seperti berjabat tangan.

Dengan kita rajin mencuci tangan maka kesehatan kita lebih terjamin daripada kita harus mengkonsumsi suplemen. Memang lebih mudah untuk mengonsumsi suplemen daripada cuci tangan. Tapi manfaat yang diberikan jauh lebih besar adalah cuci tangan.

Jika kita melihat iklan di televise, maka banyak iklan yang mengatakan bahwa sabun anti bacterial lebih baik daripada sabun biasa, benarkah demikian? Kenyataannya memang sabun antibacterial mengandung zat triclosan, dimana zat tersebut membuat bakteri tidak dapat kembali, namun ada hal yang tiadk dijelaskan yaituzat tersebut juga dapat membunuh sel-sel  tubuh kita.

Oleh karena itu pilihlah sabun yang biasa saja. Untuk proses mencuci tangan sendiri adalah sebagai berikut, siapkan air hangat, kemudian bilas tangan anda dengan air tersebut. selanjutnya cuci tangan anda hingga pergelangan selama kurang lebih 10-15 detik, terakhir bilas dengan air bersih. Jangan lupa untuk mengosok bagian-bagian yang tersembunyi seperti ruas jari dan ujung kuku.

Bagaimana simpel bukan. Cuci tangan setidaknya dapat mengurangi resiko sakit pada seseorang. Dan tentunya itu adalah cara terbaik dan termudah yang dapat dilakukan. Selain itu juga jangan lupa untuk mengatur asupan makanan yang masuk, makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, kemudian ditambah dengan olahraga. Insha Allah kesehatan anda akan terjaga. Semoga yang sedikit ini dapat memberikan manfaat untuk anda. Dan bertemu lagi di pembahasan berikutnya. 

No comments:

Post a Comment