5 Manfaat Brokoli Untuk Kecantikan

sumber : www.menshealth.co.id
Jika anda bingung mengenai manfaat sayuran brokoli, maka anda tidak perlu khawatir karena kami akan menjelaskannya hari ini. seperti yang kita ketahui brokoli adalah salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat. Selain untuk kesehatan, rupanya brokoli juga bermanfaat untuk kecantikan.

Sedikit akan kami bahas mengenai sayuran ini, sehingga bagi anda yang hanya sekedar tahu namun tidak memiliki gambaran yang jelas. Maka informasi ini akan berharga untuk anda. Brokoli atau bahasa ilmiahnya Brassica oleracea L. adalah termasuk sayuran jenis kubis-kubisan atau Brassicaceae. Sayuran ini berasal dari daerah laut tengah dan sudah ada sejak zaman yunani kuno. Sayuran brokoli itu sendiri masuk ke Indonesia sekitar 1970an dan kini cukup popular sebagai bahan masakan, terutama masakan tumis.

Jika berbicara mengenai kecantikan, maka segala cara pastinya akan dilakukan guna mendapatkan kecantikan yang diinginkan. Karena bagaimanapun juga setiap individu pastinya menginginkan tubuhnya terlihat cantik dan mempesona agar orang yang berada didekatnya dapat terkesima dibuatnya.


Kembali ke pokok bahasan, Lalu apa saja 5 manfaat brokoli untuk kecantikan itu? Dari banyak manfaat yang terkandung. Mari kami jelaskan satu persatu manfaat sayuran tersebut.

1.       Sebagai anti aging.
Seperti yang anda ketahui brokoli mengandung vit. C yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Vit. C yang terdapat di dalam brokoli berfungsi sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas. Dengan begitu mencegah kerusakan pada kulit. Manfaat lain dati vit.c tersebut adalam untuk memudarkan garis-garis halus akibat proses penuaan dan pigmentasi pada kulit. Selain vit. C juga terdapat vitamin A, E, dan B kompleks.

2.       Memperbaiki dan meningkatkan regenerasi kulit.
Kulit mati atau yang sudah tidak berfungsi akan tergantikan dengan kulit baru yang muncul di tubuh kita. Biasanya ada siklus dalam beberapa waktu sehingga kulit kita akan selalu tergantikan dengan yang baru. Di dalam sayuran brokoli terdapat zat glucoraphanin, dimana zat tersebu dikonversikan menjadi sulforaphane. Zat ini berfungsi memperbaiki kerusakan kulit. Jika terjadi luka pada kulit misalnya. Biasanya akan terdapat kulit bekas luka tersebut. Zat sulforaphane akan berfungsi untuk mengganti atau meregenerasi kulit.

3.       Menjaga kesehatan kulit
Vitamin C dan vitamin E rupanya terdapat di sayuran ini. Vitamin C yang barusan kita bahas juga merangsang produksi kolagen. Dimana kolagen tersebut berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap sehat.  Sedangkan vitamin E berfungsi untuk melindungi sel kulit dan mencegah kerusakan radiasi ultraviolet.

4.       Meningkatkan sistem kekebalan kulit
Selain vitamin, terdapat juga mineral-mineral yang sangat bermanfaat seperti tembaga, fosfor, dan seng. Mineral-mineral tersebut membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Maka jika ingin tubuh terhindar dari penyakit apalagi di cuaca yang tidak bersahabat. Ada baiknya anda rajin mengkonsumsi brokoli.

5.       Perlindungan dari kanker kulit
Sinar UV sangat berbahaya untuk kulit. Biasanya kulit akan iritasi dengan timbulnya bercak kemerah-merahan. Perlu adanya pencegahan agar kulit dapat selalu terjaga. Nah, zat sulforaphane (yang sudah dibahas) rupanya juga berfungsi memberi perlindungan terhadap kulit dari serangan sinar UV yang berbahaya.


Itulah 5 manfaat brokoli untuk kecantikan yang dapat kami bagikan pada hari ini. Semoga apa yang kami berikan ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Tentunya mencegah lebih baik daripada mengobati. Sehingga banyak-banyaklah memakan sayuran. Usahakan setiap hari mengkonsumsi sayuran agar tubuh selalu dalam kondisi yang sehat. Sampai bertemu lagi di pembahasan selanjutnya.

1 comment: