Yuk Ketahui 7 Makanan Terbaik Untuk Tulang

Makanan Terbaik untuk Tulang
Sumber gambar : kuherbal.com
Semakin mendekati usia senja, kepadatan tulang menjadi hal yang perlu diperhatikan. Bukan hanya karena menyebabkan penyakit osteoporosis. Tapi tentu akan berefek kepada kesehatan tubuh yang lain. Untuk itu mulai dari usia muda, kita perlu benar-benar memperhatikan kesehatan tulang.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan belajar bersama mengenai 7 makanan terbaik untuk tulang. Pastinya makanan ini mudah ditemui di sekitar kita sehingga kita tidak perlu khawatir untuk mendapatkannya. Ingat, untuk sehat tidak perlu mahal dan sulit. Cukup perhatikan sekitar, insha Allah banyak yang dapat kita manfaatkan.

Apa saja ketujuh makanan tersebut? mari kita bahas satu persatu

Ikan lemuru
Mungkin anda tidak tahu apa itu ikan lemuru. Istilahnya pun mungkin baru hari ini terdengar. Namun tidak perlu panik dulu griya cantik sehat lover. Karena sebenarnya ikan ini dapat dengan mudah kita jumpai di sekeliling kita. Jika anda mengetahui ikan kaleng, ikan apa yang terdapat di dalamnya? Ya tepat sekali, yaitu ikan sarden.

Nah, nama lengkap dari ikan sarden itu sendiri adalah Sardinella lemuru. Sekarang tahu kan ikan lemuru seperti apa. Terus kelebihan dari ikan lemuru ini apa? Tahu tidak, bahwa 3 ekor ikan lemuru dapat sebanding dengan segelas susu. Artinya, dengan 3 ekor ikan lemuru, kebutuhan kalsium tubuh kita dapat terpenuhi. Luar biasa bukan.

Yogurt dan keju
Siapa yang tidak mengenal kedua makanan ini. pernahkah griya cantik sehat lover mengkonsumsinya? Di dalam 245 gram yogurt sendiri terdapat kandungan 50% kalsium. Sedangkan dalam 40 gr keju mampu memenuhi kebutuhan kalsium harian kita. Sangat disarankan untuk mengonsumsi 40 gr atau 200 gr yogurt untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh.

Pak choy
Sayuran ini mirip seperti sawi hijau, namun sedikit berbeda karena seratnya. Di dalam pak choy sendiri juga terkandung cukup kalsium untuk tubuh kita. Oleh karena itu cobalah untuk menghadirkan pak choy dalam hidangan makan keluarga kita agar kebutuhan kalsium dapat terpenuhi. Rasanya tidak pahit kok, dan enaknya. Berbeda dengan “sawi daging” , seluruh bagian pak choy dapat dimakan.

Kacang dan biji-bijian
Kacang dan bijian-bijian juga dapat anda sajikan untuk keluarga. Karena di dalamnya terdapat kandungan kalsium yang baik untuk tubuh. Walnuts, pistachio, dan almond adalah jenis kacang yang mengandung kalsium. Sedangkan untuk biji-bijian sendiri adalah biji bunga matahari dan biji rami. Yang paling popular memang kacang almond yang biasanya disajikan dalam campuran cake. Ehm, pasti enak ya. Selain enak tentunya sehat untuk tubuh.

Ikan Salmon
Makanan selanjutnya yang baik untuk tulang adalah ikan salmon. Selain memiliki omega 3 yang cukup tinggi, ikan salmon sendiri juga terkandung cukup kalsium.  Sangat disarankan pada para wanita untuk mengonsumsi ikan ini agar dapat terhindar dari osteoporosis. Selain enak, tubuh pun sehat. Katanya sih, para wanita lebih menggemari ikan ini daripada pria? Benarkah demikian?

Produk kedelai (tahu dan tempe)
Kalau mengenai makanan ini sudah tidak diragukan lagi. Banyak sekali yang menggemarinya, baik tua muda, anak-anak maupun dewasa semuanya menyukai makanan ini. harganya pun sangat terjangkau. Walhasil menjadi primadona untuk berbagai kalangan. Yang perlu griya cantik sehat lover ketahui bahwa dalam 100 gram kedelai terkandung 28% kalsium. Sekarang tahu kan kenapa makanan ini harus hadir di meja makan kita?

Susu
Sebenarnya ini bukan termasuk makanan, tapi tidak mengapa ya kita masukkan ke dalam daftar makanan yang baik untuk tulang. Karena memang faktanya seperti itu. Sangat disayangkan banyak masyarakat yang belum membiasakan diri untuk meminum susu. Padahal susu memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tahu tidak, orang dewasa di saat berumur 50 tahun membutuhkan 1000 mg kalsium setiap harinya. Sedangkan untuk usia 50 tahun ke bawah lebih banyak yaitu 1200 mg. tentunya harus ditunjang dengan makanan yang benar-benar mengandung kalsium agar kebutuhan akan kalsium dapat terpenuhi. Di dalam susu sendiri, setiap 35 gramnya terdapat 520 mg kalsium. Sehingga untuk mencapai angka diatas tinggal disesuai saja. Enak bukan, untuk hidup sehat rupanya mudah.


 Mudah bukan mendapatkan makanan yang baik untuk tulang. Oleh karena itu, mari mulai dari sekarang kita jaga pola makan kita dengan menggunakan makanan yang bergizi. Mungkin efeknya tidak akan dirasakan sekarang, tapi nanti ketika kita sudah berumur. Sampai jumpa

No comments:

Post a Comment