Ingin Tahu Cara Seduh Teh Yang Sehat?

Cara Seduh Teh
Sumber Gambar : google.co.id
Siapa yang tidak mengenal minuman satu ini. Minuman yang kaya akan antioksidan, sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Setiap pagi jutaan orang menikmati secangkir teh. Tua, muda semua menikmatinya. Di barengi dengan menu sarapan sehat, tentunya menambah cerah sarapan tersebut.

Berbicara mengenai zat yang terkandung didalam teh, adalah polifenol zat yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Dimana radikal bebas ini dapat menyebabkan penyakit-penyakit yang mematikan. Untuk itu penting bagi kita untuk merutinkan minum teh setiap hari.


Menurut penelitian, minum 5 cangkir teh hijau setiap hari dapat membantu tubuh untuk membakar kalori lebih efektif, daya tahan tubuh meningkat, dan tubuh pun terlihat lebih sehat. Sudahkah anda minum 5 cangkir teh setiap hari?

Perlu anda perhatikan juga, ada beberapa hal yang dilarang atau harus dilakukan saat menyeduh teh. Kenapa? Agar manfaat teh lebih dapat kita rasakan  untuk kesehatan. Langsung saja ya kita bahas satu persatu.

Jangan menyeduh teh menggunakan air mendidih
Hal yang harus anda perhatikan pertama kali adalah jangan menyeduh teh menggunakan air mendidih. Mungkin kebanyakan kita tidak ada yang tahu mengenai hal ini. biasanya setelah kita memasak air, dalam keadaan mendidih kita langsung memasukkannya ke dalam gelas yang sudah tersedia teh celup.

Suhu terbaik yang dapat digunakan untuk menyeduh the adalah 60-70 derajat Celsius. Oleh karena itu diamkan sejenak setelah selesai memasak air hingga mendidih. Agar suhu dari air tersebut dapat turun. Mungkin warna yang dihasilkan tidak sepekat ketika kita menyeduhnya dengan air mendidih. Namun justru antioksidan pada suhu 60-70 derajatlah yang paling baik.

 Teko penyeduh
Untuk tempat menyeduh juga harus benar-benar diperhatikan. Jangan menyeduh di sembarang tempat karena akan menghilangkan khasiat dari teh tersebut. Sebaiknya gunakan teko berbahan tanah liat, gelas / cangkir porselen, gelas kaca, dan cangkir perak. Sekarang coba perhatikan teko di rumah anda, apakah sudah tersedia salah satu teko yang telah disebutkan diatas? Jika belum, usahakan ganti dengan teko yang lebih aman bagi kesehatan anda.

Tidak perlu ditambah gula atau cream
Untuk sebagian orang, ditambahkan gula atau cream dapat menambah nikmat secangkir teh. Tapi perlu anda ketahui, teh yang ditambah gula atau cream dapat menambah kalori. Bukankah kita menyeduh teh untuk mendapatkan khasiat menurunkan kalori. Mungkin bagi orang yang terbiasa menambahkan gula atau cream akan terkesan aneh ketika meminum teh yang murni, tanpa campuran. Insha Allah jika dibiasakan tidak akan menjadi masalah. Setuju griya cantik lover?

Tunggu 5 menit sebelum dinikmati
Nah, ini juga informasi yang tidak kalah pentingnya. Setelah air panas di seduh di dalam gelas. Jangan langsung diminum, tapi tunggulah 5 menit. Kenapa? Karena kandungan katekin di dalam teh akan keluar. Kandungan tersebut sangat bermanfaat dalam tubuh.

Itulah ke 4 hal yang harus anda ketahui ketika menyeduh teh. Semua di sekitar kita dapat dimanfaatkan untuk kesehatan asal dengan cara yang benar dan tepat. Oleh karena itu, mari kita belajar terus mengenai kesehatan tubuh agar dapat merawatnya dengan baik. Sampai bertemu di artikel selanjutnya…

No comments:

Post a Comment