Kenapa Harus Rajin Mengganti Sprei Tempat Tidur? Inilah Jawabannya!

Sprei tempat tidur
cognitiobrevis.blog.com
GriyaCantikSehat – mungkin terdengar sepele ya, mengganti sprei. Walaupun terlihat sepele, tapi jika tidak diperhatikan dengan serius, maka bisa menjadi boomerang buat kita. Ada beberapa alasan yang dapat dijadikan alasan kuat mengapa mengganti sprei secara rutin itu wajib.

Jika kita amati, banyak sekali rumah yang jarang mengganti sprei mereka. Biasanya sampai berminggu-minggu spreinya tetap itu-itu saja. Tidak pernah diganti, walaupun sudah terlihat noda kecokelatan misalkan. Jika ditinjau dari sisi kenyamanan saja, tentu hal tersebut kurang nyaman untuk diri kita bukan, apalagi jika menyangkut kesehatan. Untuk itulah pada hari ini kita akan membahas kenapa harus rajin mengganti sprei tempat tidur.


1.       Sel kulit mati dapat mengundang tungau
Apakah anda tahu binatang tungau? Ya, binatang ini sangatlah kecil. Hampir sama seperti kutu , atau bisa dikatakan kutu. Biasanya hewan ini terbawa debu dan masuk ke dalam sprei kita. Nah, binatang ini dapat memakan sel kulit mati kita yang menempel pada sprei tersebut. jika dalam jangka waktu lama sprei tetap tidak diganti, maka tungau pun semakin bertambah banyak.

Efeknya adalah orang yang tidak terbiasa dengan hewan ini akan mengalami iritasi pada kulit. Hal ini disebabkan mereka terkena secret dari binatang tersebut. oleh karenanya wajib bagi kita mengganti sprei agar tidak terjadi hal yang demikian.

2.       Penyebab penyakit skabies
Apa itu penyakit skabies? Mungkin banyak diantara kita yang baru tahu atau baru mendengar istilah penyakit ini. penyakit skabies adalah penyakit yang disebabkan oleh tempat tidur yang kotor. Dimana disana terdapat banyak tungau.

Biasanya penyakit ini bisa dideteksi dengan tanda-tanda sebagai berikut:
-          Timbul rasa gatal pada daerah lesi
-     Dapat dijumpai tungau dalam bentuk telur, larva, ataupun sudah berbentuk tungau itu sendiri
-          Terdapat luka berupa terowongan putih dengan diameter 1 cm. umumnya hal ini terjadi di bagian sela jari, pergelangan, pusar, sisi lengan bawah bagian dalam, siku bagian luar, lipat ketiak, kelamin dan perut bagian bawah.
Permasalahannya adalah skabies ini hanya ditandai dengan adanya rasa gatal. Tentu hal ini akan membuat bingung cara penangannnya ataupun pengobatannya.

3.       Menjadi tempat subur tumbuhnya jamur
Jika kebersihan tempat tidur tidak benar-benar dijaga, maka akan menjadi tempat subur tumbuhnya jamur. Apalagi kondisi kamar yang jarang terkena sinar matahari. Tidak adanya atau kurang pencahayaan, hal tersebut dapat menimbulkan kondisi lembab. Dimana kondisi tersebut sangat mudah bagi jamur untuk berkembang biak.

Tentu jika jamur sudah berkembang disana, kita dapat terancam berbagai penyakit yang disebabkan oleh jamur. Tidak mau kan kesehatan kita terganggu hanya karena tidak rajin mengganti sprei. Oleh karena itu mari kita ubah kebiasaan kita untuk hidup sehat.

Kiranya itu yang dapat kami bagikan untuk sahabat griya cantik sehat mengenai alasan mengganti sprei tempat tidur. Ingat, kesehatan lebih penting daripada uang. Jika sudah jatuh sakit, maka seakan hidup ini berkurang kenikmatannya. Semoga kita dapat bertemu kembali pada pembahasan selanjutnya. Sampai jumpa…



No comments:

Post a Comment