Penyebab Penyakit Cantengan

Penyakit Cantengan
Sumber Gambar : jellygoldgamat.wordpress.com
Setelah kemarin kita sempat membahas mengenai cara mengobati cantengan. Sekarang saatnya kita membahas mengenai penyebab dari penyakit tersebut. mungkin  anda berpikir biasanya kana membahas mengenai penyebab dari suatu penyakit kemudian dilanjutkan dengan pemaparan bagaimana cara mencegah maupun mengobatinya. Ya tidak mengapa, yang penting pengetahuan ini tetap tersalurkan dengan baik, bukankah begitu?

Mungkin penyakit satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kami yakin banyak diantara kita maupun orang disekeliling kita terkena penyakit ini. biasanya ketika seseorang terkena penyakit ini selalu menganggap sepele dan tidak segera mau diobati. Baru kalau sudah lama dan parah, mereka baru mengeluh kesekitan dan ingin segera diobati.


Lalu apa sih sebenarnya penyakit ini? nah, hari ini kita akan menimba ilmu mengenai penyakit cantengan. Simak baik-baik ya.

Cantengan atau bahasa ilmiahnya paronychia adalah infeksi pada lipatan kuku yang diakibatkan oleh bakteri yang bernama streptokokus. Nah, sekarang tahukan bahwa yang menjadi penyebab penyakit cantengan adalah bakteri streptokokus. Cantengan atau paronychia dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu paronychia akut dan paronychia kronis.

Pada penyakit cantengan yang akut, biasanya bakteri streptokokus masuk melalui robekan kulit. Nah robekan kulit ini banyak sebabnya seperti trauma pada lapisan kuku (lapisan pada kulit keras yang tumpang tindih di sisi kuku), iritasi kronis (karena terkena air dan deterjen), dan hilangnya kutikula.

Gejala yang sering muncul pada paronychia adalah sebagai berikut:
1.       Diawali dengan pembengkakan
2.       Berlanjut berubah warna menjadi kemerahan
3.       Kemudian dari pembengkakan tersebut timbul nanah
4.       Yang bilamana tersentuh akan terasa sakit

Jenis penyakit cantengan sendiri dibedakan menjadi 2 macam lo, yaitu paronychia akut dan paronychia kronis. Lalu Apa bedanya? Nah, mari simak ulasan lengkapnya dibawah ini:

1.       Paronychia akut : menurut sumber yang kami dapatkan bahwa biasanya pada paronychia akut, pasien sering mengalami gejala nyeri, dan bengkak pada salah satu lipatan lateral kuku. Penyebabnya adalah trauma kecil untuk jari kuku atau manipulasi, secara disengaja maupun tidak.
2.       Paronychia kronis : umunya pasien yang terkena paronychia kronis adalah mereka yang terkena penyakit tersebut lebih dari 6 minggu secara episodik. Mereka menganggap bahwa penyakit tersebut dapat sembuh dengan sendirinya. Pada kasus ini pasien sering mengalami peradangan, nyeri, dan bengkak dengan skala yang cukup teratur.
Sehingga faktor penyebabnya pun pastinya berbeda antara paronychia akut dan paornychia kronis. Untuk lebih jelasnya mari sama-sama kita simak uraian di bawah ini.

Penyebab paronychia akut
1.       Penyakit ini dapat disebabkan dari penyakit lainnya seperti pemphigus vulgaris. Meskipun kasus ini jarang terjadi, namun kalau pasien sudah terkena maka dapat digolongkan menjadi berat dan bisa jadi mengalami pendarahan.
2.       Penyebab lain dari penyakit ini adalah kebiasaan yang tidak sehat seperti sering mengigit kuku, menghisap jari, penempatan kuku buatan, dan manicuring.
3.       Atau dapat juga disebabkan karena trauma kecil yang memecah penghalang fisik antara kuku dan kuku, pada gangguan ini dimungkinkan infiltrasi organism menular.
4.       Kemudian yang terakhir adalah akibat infeksi yang disebabkan oleh organism. Organism yang dimaksudkan adalah seperti streptococcus, kemudian spesies pseudomonas, sejenis bakteri gram negatif, dan bakteri anaerob.

Sedangkan untuk penyebab paronychia kronis adalah:
1.       Seseorang yang terkena diabetes
2.       Seseorang yang alergi
3.       Ragi jamur Candida albicans
4.       Yang ini termasuk jarang terjadi yaitu disebabkan oleh infeksi mikobakteri

Itulah penjelasan mengenai penyebab dari penyakit cantengan atau istilah medisnya paronychia. Dimana kami mulai memaparkan mengenai gejala, penjelasan mengenai 2 jenis paronychia, dan dilanjutkan dengan penyebab dari masing-masing penyakit tersebut. semoga apa yang kami sajikan dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Sekali lagi penuhilah selalu pola hidup sehat agar anda dan keluarga dapat terhindar dari penyakit. Sampai disini perjumpaan kita dan sampai jumpa.

1 comment:

  1. jual obat cantengan alami dan ampuh
    klik disini >>> http://goo.gl/2GA7XA

    ReplyDelete