Makanan Mana yang Terbaik?

Makanan Terbaik
Sumber gambar : Terus Sehat
Mungkin anda bingung ketika melihat judul di atas. Makanan mana yang terbaik? Kan belum dijelaskan makana apa yang dimaksud, kok sudah main tanya (mungkin anda berpikir seperti itu). Tenang, akan kami jelaskan. Hari ini Kami hendak memberikan perbandingan mengenai beberapa jenis makanan. Apakah makanan tersebur baik untuk tubuh atau sebaliknya. Atau mungkin nilai manfaatnya hampir sama. Penasaran? Yuk langsung saja menyimak uraian berikut ini.

Roti tepung (putih) dengan roti gandum
Jika ada piliha seperti di atas, anda akan memilih yang mana? Bingung?  Jawaban yang tepat adalah roti gandum. Usahakan anda selalu memprioritaskan makanan yang berasal dari gandum, apalagi yang berasal dari gandum utuh. Kenapa? Karena kandungan gandum dipercaya berkhasiat untuk mencegah penuaan dini.


Serat yang larut erat kaitannya dengan kolesterol jahat seperti penyakit jantung dan diabetes. Kenapa? Karena serat tersebut mampu menyerap kolesterol jahat sehingga anda dapat terhindar dari penyakit jantung da diabetes. Sedangkan untuk serat yang tidak larut mampu mengurangi resiko seseorang terkena wasir.

Susu Cokelat dengan Cokelat Hitam
Anda memilih yang mana dari dua makanan di atas? Surveri membuktikan bahwa di dalam cokelat hitam sedikitnya 60% kakao merupakan sumber antioksidan yang baik, dimana berfungsi untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sebaliknya di dalam susu cokelat, kandungan antioksidan di dalam susu  cokelat tidak terlalu banyak.

Diet soda dengan air putih
Anda memilih yang mana? Kami beritahu bahwa tiadk ada minuman terbaik selain air putih. Air dapat membantu seseorang terhindar dari dehidrasi. Kemudian membantu menjaga metabolisme agar berjalan dengan baik. Sebaliknya, diet soda dapat menimbulkan kanker. Beberapa peneliti mengkhawatirkan akan hal tersebut. memang aman mengonsumdi diet soda (walaupun tingkat keamannya masih patut dipertanyakan, tapi akan lebih aman jika anda lebih memilih air putih.

Soda dengan teh
Teh terbukti mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh dibandingkan dengan sekaleng soda. Baik teh hijau, hitam, maupun putih semuanya memiliki khasiat masing-masing.

Gula dengan susu bubuk tanpa lemak dalam adonan kue
Jika anda sering membuat kue, lebih baik mulai dari sekarang mengganti gula dengan susu bubuk tanpa lemak. Gula dipercaya dapat menambah berat badan bagi yang mengonsumsi makanan tersebut. berat badan yang berlebih beresiko terserang penyakit diabetes.

Yogurt biasa dengan yogurt rendah lemak
Anda akan memilih yang mana? Makanan satu ini (yogurt) dipercaya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Tapi jika harus memilih. Maka sebaiknya anda memilih yogurt tanpa lemak atau rendah lemak. Kenapa? Karena lemak yang terdapat di dalam susu yang kemudian dijadikan yogurt akan beresiko terhadap penymbatan arteri.

Sekantong keripik dengan potongan apel
Anda akan memilih yang mana? Jelas, pastinya buah mengandung banyak manfaat. Buah apel mengandung serat yang banyak dan antioksidan, sedangkan untuk keripik mengandung lemak, kalori, dan garam. Tentunya anda akan memilih buah apel bukan.

1/4 porsi daging dengan miju-miju atau ikan
Lemak jenuh biasanya terkandung di dalam daging. Lemak tersebut dapat membuat peredaran darah anda menjadi kacau dan menyebabkan penyakit jantung. Daing tidak memiliki serat yang dapat membantu proses pencernaan di dalam tubuh. Sebaliknya, miju-miju atau kacang-kacangan kaya akan serat dan tidak mengandung lemak jenuh.

Sedangkan ikan merupakan sumber protein yang ideal dengan sedikit lemak jenuh. Jenis ikan seperti salmon mengandung omega-3 yang sangat banyak dimana omega-3 sangat penting bagi jantung dan kesehatan orang seseorang.

Itulah dia beberapa info mengenai makanan yang dapat anda simak dan kemudian terapkan dalam kehidupan anda. Sekarang, anda tahukan mana yang benar-benar makanan terbaik dengan yang tidak. Mari mulai dari sekarang kita jaga pola hidup kita diantaranya dari makanan yang kita pilih. Sebisa mungkin pilihlah makanan yang sehat dan bergizi guna menunjang kesehatan tubuh anda. Semoga apa yang kami sampaikan pada hari ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Bertemu lagi di pembahasan berikutnya. 

No comments:

Post a Comment