5 Manfaat Tomat Untuk Wajah

Sumber Gambar : rayyaa.wordpress.com
Untuk buah yang satu ini pastinya tidak asing lagi di telinga kita. Bagaimana tidak, hampir di setiap sendi kehidupan kita selalu bersentuhan dengan buah satu ini. Selain untuk bahan masakan, rupanya tomat mempunyai segudang manfaat yang baik untuk wajah.

Buah tomat sangatlah segar dan bisa langsung dikonsumsi. Pernah lihatkan orang-orang yang langsung memakan buah tomat. Mungkin bagi anda yang tidak terbiasa, bisa dibuat jus tomat supaya dapat ikut menikmati. Tapi ingat, campuran dalam jus tomat jangan terlalu banyak gula. Karena dapat mengakibatkan diabetes. Selain dikonsumsi secara langsung, buah tomat dapat dijadikan masker untuk merawat wajah anda. Dan tidak memerlukan waktu lama untuk mengerjakannya. Cukup sediakan waktu maksimal 1 jam. Anda akan merasakan manfaat buah tomat tersebut.

Bagi para wanita tentunya hal ini menjadi menarik. Karena mereka tidak perlu bersusah payah menghabiskan uang untuk membeli produk-produk kosmetik yang belum tentu aman. Apalagi jika kosmetik yang dibeli mengandung bahan-bahan berbahaya, yang tentu saja dapat merusak kulit.


Hal ini tentulah membuat rugi, sudah membeli mahal-mahal produknya, namun hasil yang didapat malah sebaliknya. Lebih baik kembali ke alam, back to nature. Lebih sehat dan alami tanpa efek samping. Namun jika memang anda ingin menggunakan kosmetik, gunakanlah kosmetik yang alami.

Kembali ke pokok bahasan. Apa saja manfaat tomat untuk wajah, mari kita ulas bersama

1. Mencerahkan Kulit Wajah
Bagi anda yang memiliki wajah kusam dan tidak berseri. Mulai dari sekarang cobalah buah tomat. Buah tomat rupanya dapat mencerahkan kulit wajah anda. Sehingga Tak perlu cream atau lotion pemutih, cukup membuat masker tomat 1-2 kali seminggu saja untuk mendapatkan kulit bersih dan lebih cerah.

2. Menghilangkan Komedo
Ehm, rupanya selain mencerahkan kulit wajah, buah tomat juga dapat menghilangkan komedo juga lo. Lalu bagaimana caranya?

Kombinasikan buah tomat dengan buah alpukat. Kemudian dibuat masker. Kenapa harus di gabung dengan buah alpukat? Buah alpukat memiliki zat anti kuman dan berfungsi sebagai pelembab alami. Ramuan ini (campuran buah tomat dengan buah alpukat) sangat cocok untuk kulit berminyak dan kering, karena dari dari kedua bahan ini menghasilkan vitamin A, C dan E

Nah untuk membuat masker campuran buah tomat dan alpukat. Caranya mudah, yaitu tumbuklah satu buah tomat dan satu buah alpukat hingga halus, kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah sebagai masker. Kemudian anda diamkan selama 20-30 menit. terakhir bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini setidaknya 2x seminggu untuk hasil yang maksimal.

3. Menyembuhkan Jerawat
Kandungan asam yang terdapat di dalam buah tomat mampu mempercepat penyembuhan jerawat. Sangat cocok bagi kamu yang sedang berjerawat. Buah tomat juga mengandung  vitamin A dan C yang berfungsi menghilangkan bekas jerawat dan membuat kulit lebih cerah.

Cara membuat masker buah tomat adalah sebagai berikut:

  • Tumbuk 1 hingga 2 buah tomat hingga halus.
  • Kemudian, hasil tumbukan tersebut ratakan di seluruh permukaan wajah
  • Diamkan selama 30 menit. Bisa dibarengi dengan mendengarkan musik sehingga pikiran pun akan ikut fresh
  • Bilas dengan air hangat agar pori-pori terbuka dan kotoran pun dapat keluar dengan mudah. Kemudian  akhiri dengan air dingin.
  • Lakukan 1-2 kali seminggu agar jerawat cepat sembuh.
4. Mengecilkan Pori-pori
Tidak dapat mengecilkan pori-pori secara instant namun tomat dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat kotoran dan menggantikannya dengan nutrisi bermanfaat. Saat pori-pori membawa kotoran, otomatis ukurannya akan membesar, dan inilah mengapa Anda perlu memakai masker tomat secara rutin.

Cara untuk membuat masker tomat tersebut sangatlah mudah, yaitu:

  • Campurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan 1 sdm jeruk nipis. Tomat yang dihaluskan terserah, mau 1 ataupun 2, tergantung penggunaan
  • Tambahkan 1 sdt gula pada campuran tersebut
  • Lakukan Massage dengan tangan sendiri (kalau kesulitan mintalah bantuan orang lain) secara merata di wajah dengan perlahan dan gerakan melingkar.
  • Diamkan selama 10-15 menit
  • Bilas masker tersebut dengan air hangat dan akhiri dengan air dingin.
5. Sebagai Tabir Surya Alami
Ternyata manfaat tomat untuk wajah bisa juga digunakan sebagai tabir surya alami. Tabir surya alami ini  dapat melindungi kulit anda dari sinar matahari yang panas. Jika anda mengalami peradangan karena terbakar sinar matahari. Anda bisa menambahkan sedikit yogurt pada campuran tomat tersebut. detailnya yaitu tumbuk halus 1 hingga 2 tomat, kemudian tambahkan yogurt. Balurkan pada bagian yang mengalami peradangan di wajah. Diamkan hingga 15 menit kemudian bilas.

Bagaimana mudah bukan. Selain mudah dilakukan tentunya lebih hemat dikantong. Siapa sih yang tidak ingin kulit putih cerah dengan perawatan yang sangat simpel dan murah. Pastinya setiap orang ingin. Insha Allah kami akan berbagi tulisan-tulisan lain yang tidak kalah berkualitas. Semoga apa yang kami sampaikan mengenai manfaat tomat untuk wajah dapat bermanfaat ya.
 

No comments:

Post a Comment