Yuk Kenali Penyebab Radang Tenggorokan

Apakah anda pernah merasa sakit pada daerah tenggorokan? Ketika menelan makanan rasanya sakit luar biasa. Itu salah satu pertanda bahwa ada terkena radang tenggorokan. Radang tenggorokan atau faringitis adalah peradangan yang terjadi di daerah belakang tenggorokan dengan melibatkan beberapa atau semua bagian dari tenggorokan seperti sepertiga belakang lidah, tonsil atau amandel, dan langit-langit mulut bagian belakang.

Penyebab terjadinya radang tenggorokan terbagi menjadi 2 golongan besar yaitu infeksi (virus dan bakteri) atau penyebab non infeksi (alergi, iritan, tumor, dan GERD). Dari sekian banyak penyebab tersebut, yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah karena infeksi virus dan bakteri.



Untuk lebih lengkapnya dapat kami uraikan seperti berikut :
Virus yang menyebabkan radang tenggorokan :
  •         Virus Croup
  •          Virus Campak
  •          Virus Cacar Air
  •          Mononucleosis (mono)
  •          Flu (influenza)
  •          Common cold


Sedangkan bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan adalah streptococcus pyogenes atau group A streptococcus.

Untuk non-infeksi informasi lengkapnya seperti uraian di bawah ini.

Iritasi
Penyebab yang seringkali dijumpai pada kebanyakan orang. Biasanya iritasi ini lebih disebabkan makanan yang mengandung minyak berlebih seperti gorengan. Kemudian bisa juga berasal dari makanan pedas, snack yang mengandung bahan-bahan kimia, asap rokok, polusi udara, dan alkohol. Sebaiknya jika sudah pernah iritasi maka evaluasi makanan ataupun minuman yang pernah anda konsumsi sebelumnya. Dan sebisa mungkin menguranginya saat ini.

Kekeringan
Kekeringan yang dimaksud disini adalah jangan atau kurang minum. Mungkin lebih terkenal dengan sebutan dehidrasi. Ya, orang yang jarang minum akan rentan terkena radang karena kondisi dalam mulut kering. Apalagi berada di kondisi yang benar-benar panas. Oleh karena itu perhatikanlah kesehatan anda khususnya daerah tenggorokan.

Kemudian kekeringan yang dapat terjadi di tenggorokan dapat di sebabkan oleh sering bernapas menggunakan mulut. Hal ini biasanya dialami oleh mereka yang terkena flu. Harus perlu disiasati dengan banyak minum agar kondisi dalam mulut tidak cepat kering. Karena jika sudah kering, maka radang pun akan cepat datang.

Alergi
Penyebab radang non-infeksi selanjutnya adalah alergi. Mungkin anda alergi terhadap debu, bulu binatang, serbuk sari bunga, dll. Oleh karena itu sebisa mungkin hindari barang-barang yang dapat memicu terjadinya alergi. Segera kunjungi dokter untuk mengatasi alergi yang ada derita agar anda pun tidak terganggu hanya karena masalah alergi.

Gastroesophageal reflux disease (GERD)
GERD merupakan gangguan sistem pencernaan dimana asam atau isi dari lambung naik ke atas sehingga menyebakan iritasi. Tanda-tandanya selalu muncul diantaranya suara serak, regurgitasi isi perut (muntah), benjolan di tenggorokan, dan perut mulas.

Infeksi HIV
Hati-hati ya, karena gejala awal yang muncul bagi penderita HIV adalah radang. sehingga anda harus sering konsultasi ke dokter guna mengetahui kondisi kesehatan anda terkini. Dan jangan main-main dengan apa yang Tuhan larang terhadap umatnya. Itu semua agar kita tidak terkena murka-Nya didunia yang terlahir dengan penyakit yang belum ada obatnya yaitu HIV.


Sekian apa yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab dari radang tenggorokan. Sekali lagi jaga kesehatan anda semua. Kita tidak pernah menginginkan sakit, tapi perlu diketahui juga banyak diantara kita yang meremehkan sesuatu seperti gejala-gejala yang timbul sebelum kita jatuh sakit. Merutinkan olahraga, konsumsi makanan bergizi, dan cukup istirahat dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Kalau kita sehat, tentu kita juga yang untung. Sampai jumpa 

No comments:

Post a Comment