10 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Pada artikel sebelumnya kami sempat membahas mengenai salah satu manfaat madu yaitu membantu menjaga kesehatan lambung. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan melanjutkan kembali dengan memberikan uraian mengenai 10 manfaat lain dari madu.

Sangat luar biasa cairan satu ini. Karena selain berkhasiat bagi kesehatan, rasanya yang sangat enak. Dicampur dengan minuman atau bahan makanan lainnya, hasilnya memang memberikan sensai kelezatan yang berbeda jika sebelumnya menggunakan manis dari gula.

Nah, seperti apa ketiga belas manfaat yang hendak kami uraikan tersebut. anda pasti sudah tidak sabar mengetahuinya bukan. Langsung saja ya. Kita bahas satu persatu.


Ampuh menghilangkan luka
Dalam penelitian yang dilakukan di Norwegia membuktikan bahwa madu dapat menyembukan luka. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan. Dimana pada penelitian tersebut terdapat 59 pasien yang menjadi uji coba akan penelitian tersebut. Perlu anda ketahui semuanya memiliki luka dan bernanah.

Setelah diberikan madu pada luka mereka, hasil membuktikan hampir keseluruhan (tinggal 1 orang) mengalami kesembuhan yang luar biasa. Setelah dioleskan madu, luka tersebut sembuh dalam waktu 1 minggu. Setelah diteliti, rupanya madu dapat mensterilkan luka dari bakteri sehingga mempercepat penyembuhan luka.

Sebelum dioleskan madu, 59 pasien tersebut diberi obat pada umumnya dan hasilnya 80% luka mereka tidak sembuh. Dan terlihat tidak ada perubahan yang signifikan. Luar biasa bukan.

Sumber nutrisi yang lengkap
Kenapa disebut demikian? Karena didalam madu terdapat beragam vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti fosfor, kalium, asam pantotenat, riboflavin, besi, dll. Dengan rutin mengkonsumsi madu maka akan memberikan efek yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Tubuh akan terlindungi dari zat berbahaya.

Pengganti Gula
Bagi anda penderita diabetes tidak perlu pusing untuk mencari gula pengganti karena madu mampu mengatasinya. Meskipun madu memiliki gula, namun berbeda jauh dengan gula yang berasal dari tebu. Madu memiliki indeks hipoglikemik yang rendah sehingga tidak membuat naik gula darah.

Meningkatkan stamina
Madu dapat membantu meningkatkan stamina tubuh kita. Sangat baik apabila kita mengkonsumsi madu pada pagi hari sebelum berangkat beraktivitas. Karena di dalam madu terdapat sumber energi alami  yang mampu membuat tubuh bertahan lebih lama dengan aktivitas berat sekalipun.

Menghilangkan alergi
Apakah anda memiliki alergi musiman? Madu mampu mengurangi gejala tersebut. di dalam madu terdapat zat yang memberikan efek anti-inflamasi dan menenangkan batuk. Beberapa fakta dari para ahli menyebutkan bahwa madu mengandung serbuk sari dan paparan alergen yang bermanfaat untuk memerangi reaksi alergi.

Menghilangkan batuk
Sebuah studi yang dilakukan di Penn State College of Medicine menemukan bahwa madu sangat efektif untuk menghilangkan batuk. Studi ini dilakukan pada 139 anak yang terkena batuk. Semuanya diberi madu sebanyak 2 sendok teh 30 menit sebelum tidur dan dilihat perkembangannya. Dan hasilnya dekstrometordan dalam madu mampu menenangkan mereka di malam hari. kemudian penelitian dilanjutkan dengan 270 anak yang terkena pilek. Umur anak-anak tersebut berkirar 1-5 tahun. Hasilnya sangat luar biasa. Selain menenangkan tidur anak-anak, madu mampu meningkatkan kualitas tidur mereka sehingga ketika pagi hari anak-anak terlihat lebih ceria dari sebelumnya.

Mencegah penyakit jantung dan kanker
Dalam madu terdapat zat yang bernama flavonoid yang mampu mengurangi resiko pada beberapa jenis kanker dan penyakit jantung. Untuk itu sebelum terlambat, lebih baik merutinkan konsumsi madu setiap hari.

Meningkatkan daya ingat
Sebuah penelitian yang dikeluarkan oleh Reuters mengumumkan bahwa madu dapat meningkatkan daya ingat jangka pendek. Penelitian ini melibatkan 102 wanita lanjut yang sudah memasuki menopause. Mereka diwajibkan mengkonsumsi 20 gram madu setiap hari. Setelah 4 bulan mereka diberi ujian untuk mengukur daya ingat. Hasilnya hampir keseluruhan mampu mengingat memori jangka pendek mereka.

Memerangi bakteri
Sebuah studi klinis menyebutkan bahwa madu terbukti mampu membunuh pathogen penyakit seperti Salmonela, E.Coli, Pseudomonas aeruginosa , dan methicillin-resistant Staphylococcus aureus. Dimana methicillin-resistant Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa terdapat di rumah sakit dan klinik.

Mengurangi rendahnya sel darah putih
Pada percobaan kecil yang dilakukan pada 40 pasien kanker menunjukkan bahwa madu dapat mengurangi rendahnya sel darah putih yang diakibatkan kemoterapi. Seperti yang kita ketahui, kemoterapi adalah jalan yang diambil bagi mereka yang menderita kanker.

Itulah 10 manfaat madu yang dapat kami uraikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Insha Allah kita akan melanjutkan dengan pembahasan yang lain tentunya lebih menarik. Kami akhiri dan sampai jumpa


No comments:

Post a Comment