8 Makanan yang Harus Dikonsumsi Oleh Seorang Wanita

Wanita dan pria tentunya memiliki segala hal yang berbeda, termasuk ketika membicarakan masalah makanan. Seorang wanita tentu membutuhkan kandungan gizi yang berbeda dengan seorang pria. Maka dari itu makanan yang diperlukan pun juga tentu berbeda. Lalu seperti apa makanan yang dibutuhkan untuk seorang wanita agar tubuhnya selalu bugar?


Vitamin C
Setiap dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya vitamin C. vitamin C ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mengatasi radikal bebas. Resiko penyakit akibat radikal bebas seperti penyakit jantung dapat diturunkan resikonya dengan antioksidan. Selain itu juga antioksidan sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Vitamin ini terdapat di banyak buah, bukan hanya buah jeruk seperti buah strawberry, paprika, brokoli, daun parsley, bayam, tomat, dan buah kiwi. Kebutuhan akan vitamin C kita perhari hanya 75 mg. maka tidak perlu kita mengkonsumsi terlalu banyak vitamin C. Banyak beredar produk yang mengklaim mengandung 1000mg vitamin C, padahal kebutuhan kita hanya 75 mg. Sayangkan sisanya terbuang.

Kalsium
Makanan terpenting kedua yaitu kalsium. Wanita sangat memerlukan kalsium. Hal ini terkait dengan osteoporosis yang sering dialami oleh wanita. Pada saat menopause seorang wanita menjadi sangat rentan terkena osteoporosis. Oleh karena itu penting kiranya menjaga asupan kalsium di dalam tubuh.

Kalsium sendiri bisa dibadapatkan pada susu, kemudian produk yang berbahan dasar susu, sayuran hijau seperti bayam dan brokoli. Kenapa wanita sangat memerlukan kalsium? Karena rata-rata wanita usia 19 hingga 50 tahun memerlukan kalsium sebesar 1.000 mg perharinya. Sangat banyak bukan ?

Zat besi
Hal yang sangat diperlukan oleh seorang wanita adalah zat besi. Zat ini sangat berperan aktif dalam setiap sendi kehidupan wanita. Saat haid atau menstruasi, wanita sangat memerlukan zat besi. Kemudian pada masa kehamilan dan bersalin. Oleh karena itu sangat disarankan bagi wanita untuk menjaga kandungan zat besinya. Zat besi ini bisa didapatkan pada kismis, apricot, tahu, telur, daging merah, bit hijau, dan kangkung.

Serat
Zat ini juga tidak kalah pentingnya. Serat sangat berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat banyak terdapat pada sayuran hijau. Kalau dikalkulasikan seorang wanita harus paling tidak mengonsumsi 3 porsi sayuran loh. Jangan lupa ya..

Air
Mungkin ini terlihat sepele. Padahal sebetulnya tidak. Untuk kelangsungan metabolisme tubuh, air sangatlah diperlukan. Bukan itu saja, dengan rutin minum air putih setiap hari maka dapat membuat kulit kita lebih kenyal dan terawatt kesehatannya. Ujung-ujungnya anda akan terlihat lebih cantik. Pasti mau dong… kira-kira anda harus memenuhi asupan air sebanyak 1.500 hingga 2.000 ml setiap harinya. Ingat ya…

Makanan kaya folat
Folat sangatlah penting bagi ibu hamil. Pada awal kehamilan, folat membantu menyempurnakan sistem saraf pada janin yang dikandungnya. Jika kekurangan folat, maka janin akan berisiko terlahir cacat. Folat ini dapat ditemukan pada polong-polongan, asparagus, dan jeruk.

Kacang-kacangan
Di dalam kacang-kacangan terdapat asam lemak tak jenuh yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Jadi jika ingin kesehatan jantung anda selalu baik maka rutinlah mengonsumsi kacang-kacangan. Usahakan maksimal 28 gr setiap harinya agar terpenuhi asupan gizi di dalam tubuh.

Protein kedelai
Siapa yang tidak mengenal kedelai. Makanan satu ini sangatlah popular. Selain harganya yang terjangkau, rasanya pun sangat enak. Sangat pas untuk kantong kita. Tidak perlu makanan yang mahal untuk mencukupi kebutuhan gizi kita. Karena disekeliling kita, kita dapat menjumpai makanan tersebut.


Itulah informasi yang dapat kami berikan. Semoga dapat bermanfaat untuk anda semua ya. Insha Allah kita akan berjumpa pada pembahasan berikutnya. Jangan bosan-bosan ya mengunjungi blog info griya cantik sehat. Dapatkan tips sehat anda disini. Sampai jumpa

No comments:

Post a Comment