8 Vitamin Yang Membantu Mengatasi Rambut Rontok

Vitamin Untuk Rambut Rontok
Sumber Gambar : log.viva.co.id
Rambut rontok selalu menjadi momok bagi setiap orang, bukan hanya kaum hawa saja yang khawatir akan rambut rontok. Kaum hawa juga merasakan hal yang sama. Untuk itu sangat diperlukan perawatan lebih bagi rambut anda agar kerontokan dapat dicegah.

Kerontokan rambut memiliki beragam faktor seperti usia, ketidakseimbangan hormon, obat-obatan, genetika, tekanan psikis, penyakit, dll. Oleh karena itu penangannya pun cukup berbeda walaupun perbedaan yang dilakukan tidak terlalu signifikan.


Perawatan rambut sangat diperlukan guna mencegah hal tersebut terjadi. Namun apabila rambut anda sudah muali rontok, maka anda juga tidak perlu khawatir karena hal tersebut juga masih dapat teratasi. Hari ini kami akan membahas mengenai 8 vitamin yang membantu mengatasi rambut rontok. Baik, langsung saja ya kita bahas.

Vitamin A
Vitamin ini dapat merangsang folikel rambut. Hal ini sangatlah penting karena folikel rambut adalah daerah dimana pertumbuhan rambut itu terjadi. Vitamin A dapat dijumpai pada sayuran seperti wortel, paprika merah, selada hijau, dll. Kebutuhan harian vitamin A kita adalah sekitar 5.000 IU (internasional Unit).

Vitamin B
Vitamin ini cukup ampuh dalam mengatasi masalah stress. Tahukah anda bahwa stress juga menjadi penyebab terjadinya kerontokan rambut. Vitamin B dapat dijumpai pada makanan seperti kuning telur, daging unggas, daging merah, hati dan kacang.

Vitamin C
Berbeda dengan kedua vitamin di atas, vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Vitamin ini dapat membantu memperbaiki dan merawat rambut rontok. Selain itu juga vitamin C dapat memperbaiki dan memproduksi jaringan. Vitamin C dapat anda jumpai pada sayuran ataupun buah-buahan  yang mengandung antioksidan.

Vitamin D
Tahukah anda bahwa hormon juga dapat menyebabkan rambut rontok. Sinar matahari dapat membantu anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin D. jika masih kekurangan, suplemen vitamin D juga dapat digunakan. Vitamin ini membantu anda untuk menyeimbangkan hormone di dalam tubuh anda karena seperti yang kita bahas sebelumnya ketidakseimbangan hormone dapat menyebabkan rambut rontok.

Vitamin E
Sirkulasi darah yang buruk disekitar kulit kepala rupanya juga dapat menyebabkan rambut rontok. Oleh karena itu vitamin E disini membantu menjaga sirkulasi tersebut agar tetap lancar dan baik.

Biotin
Dapat juga disebut dengan vitamin H. vitamin ini merupakan bagian dari vitamin B komplek. Fungsi dari biotin adalah membantu merangsang pertumbuhan sel-sel baru melalui proses metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak. Biotin sendiri dapat dijumpai pada biji bungan matahari, gandum, dan beras merah

Lysine
Adalah sebuah asam amino dan pembangun protein. Yang perlu anda ketahui adalah rambut terbuat dari protein, sehingga apabila kebutuhan akan protein berkurang maka dapat menyebabkan rambut rontok. Untuk itu perlu adanya penambahan lysine ini sendiri. Lysine dapat dijumpai pada daging unggas, dan ikan.

Asam lemak Omega 3
Asam lemak omega 3 terbukti ampuh dapat membantu can mencegah penipisan rambut sehingga kita tercegah dari rambut rontok.

Itulah tadi 8 Vitamin Yang Membantu Mengatasi Rambut Rontok, dan kita pun akan sangat mudah untuk menemukan vitamin-vitamin yang dijelaskan sebelumnya, yaitu melalui makanan-makanan di sekitar kita. Sekarang percaya kan untuk hidup sehat itu mudah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua dalam mencari hidup sehat. Kita akan bertemu lagi di pembahasan berikutnya yang tentunya lebih menarik.

No comments:

Post a Comment