Makanan Laut Yang Sehat

Apakah anda penggemar seafood? Kalau boleh tahu apa makanan favorit anda? Atau mungkin ada sebagian dari anda yang tidak gemar memakan seafood disebabkan alergi ataupun memang tidak suka dengan daging seafood. Apapun itu yang jelas seafood terutama ikan mengandung omega 3 yang sangat baik untuk tubuh.

Memang di balik kandungan omega 3, terkandung juga kolesterol yang cukup tinggi sehingga ketika akan memakannya harus berpikir dua kali. Tapi anda tidak perlu khawatir, pada hari ini kami hendak menyampaikan info mengenai beberapa ikan yang bukan hanya aman, tapi juga untuk kesehatan. Apa saja ikan yang dimaksud, mari kita simak bersama-sama.

Ikan Makarel
Ikan Makarel
Sumber Gambar : iftfishing
 Apakah anda mengenal jenis ikan satu ini? ikan yang satu ini sangat enak ketika dimasak menjadi sashimi, ataupun dengan cara dipanggang. Ehm, pokoknya membuat air ludah mengalir deras.

Ikan ini mengandung nutrisi yang sangat amazing menurut kami. Di dalamnya terdapat sumber terbaik asam lemak omega 3 yang nilainya dua kali lipat dari ikan salmon. Luar biasa bukan ikan satu ini di balik tubuhnya yang kecil terdapat manfaat yang jauh lebih besar.

Selain sebagai sumber asam lemak omega 3, rupanya ikan makarel juga sebagai sumber selenium. Apa itu selenium? Selenium adalah zat yang berfungsi untuk membantu kekebalan tubuh sehingga tubuh kita tidak mudah sakit.  Selenium dapat bekerja sama dengan protein untuk membentu suatu enzim yang bernama antioksidan. Tahu kan mengenai antioksidan, yaitu yang mampu menurunkan resiko terhadap penyakit kanker akibat dari radikal bebas.

Usahakan ketika memilih ikan makarel, pilihnya yang ukurannya kecil karena semakin besar ukuran makarel dikhawatirkan sudah tercemar zat merkuri. Salah satu zat berbahaya yang apabila masuk ke dalam tubuh dapat membuat metabolisme tubuh menjadi tidak sempurna. Dan merkuri itu tiadk bisa terbuang begitu saja, melainkan mengendap di dalam tubuh. Dan apabila menumpuk akan berefek pada kanker.

Ikan sardin
Ikan Sardin
Sumber gambar : kkp
Kalau ikan yang satu ini pasti juga tidak kalah popular dengan ikan makarel. Banyak sekali iklan-iklan di media cetak maupun eletronik. Rasanya pun juga sangat enak. Dagingnya yang lembut membuat orang jatuh cinta akan ikan satu ini.

Ikan ini mengandung asam lemak omega 3 (sama seperti ikan makarel), kemudian ko-enzym Q10 (CoQ10), zat besi, kalsium, dan vitamin D. menurut American Heart Association, asam lemak omega 3 yang terdapat di dalam ikan sardine dapat menurunkan kolesterol dalam darah dan memperbaiki kesehatan darah. Selain itu membantu untuk memperbaiki fungsi memori di otak.

Sedangkan untuk ko-enzym Q10 membantu memperbaiki peredaran darah dan sebagai engeri fisik. Kandungan zat berbahaya di dalam tubuh ikan sardine ini tergolong kecil, hal ini dikarenakan tubuhnya yang kecil dan berumur pendek.

Tips memilih sardin dalam kaleng yang baik adalah pilihlah ikan sardin yang berada di dalam saus, hindari jenis sardin yang dikalengkan dalam minyak.

Ikan Haddock
Ikan Haddock
Sumber Gambar : ilhanulhakim
Mungkin anda kurang familiar dengan ikan satu ini. ikan ini dapat anda jumpai di reto-resto ala inggris. Dan hampir dipastikan ikan ini yang akan disuguhkan kepada para pembeli. Ikan ini mengandung vitamin B6, magnesium, fosfor dan niacin yang sangat tinggi.

Fosfor dapat membantu tubuh untuk menggunakan vitamin larut lemak seperi vitamin A, D, E, dan K. selain itu, fosfor dapat membantu dalam pengadaan energy di dalam tubuh. Dengan kata lain ikan haddock ini mampu disandingkan dengan daging sappi karena mampu memberikan protein yang hampir sama dengan daing sapi.

Perbandingannya adalah 200 gr daging sapi mengandung 18% protein dan 80 kalori, sedangkan ikan haddock mengandung kurang lebih sama dengan nilai tersebut namun jumlah kalorinya lebih sedikit. Ikan ini sangat enak apabila dipanggang, bukan digoreng.

Ikan Tilapia
Ikan Tilapia
Sumber Gambar : leafygills
Ikan ini mengandung jumlah kalori yang sedikit, sama halnya dengan jumlah natrium dan lemah junuh yang ada. Selain itu ikan tilapia ini mengandung asam lemak omega 3, sama dengan ikan makarel dan sardine. Kandungan tersebut membawa manfaat untuk kesehatan jantung, tekanan dan peredaran darah, serta perkembangan otak dan mental.





Rumput laut
Kenapa rumput laut dimasukkan kedalam tulisan ini? karena
Rumput Laut
Sumber Gambar : nonstop-online
kandungan rumput laut juga tidak kalah hebatnya dengan ke empat ikan yang telah disebutkan sebelumnya. Di dalam rumput laut, terkandung zinc, yodium, vitamin B6, C, zat besi dan flourida. Beberapa rumput laut seperti Red Dulse memberikan 100% kebutuhan akan sebagian zat yang telah disebutkan.

Kandungan lain dari rumput laut adalah seratnya yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan dan bagi anda yang melaksanakan program diet maka tidak ada salahnya memasukkan menu rumput laut ke dalam menu anda. Kandungan protein rumput laut sendiri sangatlah tinggi, karbohidrat kompleksnya mencapai 40% dari nilai total berat rumput laut itu sendiri, namun angkan indeks glikemik rendah.

Nah, setelah anda mengetahui informasi ini, apakah anda ingin segera mencicipi makanan olahan dari bahan-bahan tersebut. ingat, cara mengolahnya pun juga perlu diperhatikan, jangan sampai cara pengolahannya salah. karena jika pengolahannya salah, maka tidak akan memberikan kesehatan bagi tubuh anda, yang ada malah sebaliknya.

Itulah sedikit yang dapat kami sampaikan pada hari ini. semoga kesehatan anda dapat selalu terjaga. Sebagai info tambahan, Jika anda membutuhkan obat herbal berkualitas dengan harga murah langsung ke obat herbal. Kami siap melayani anda dengan sepenuh hati. Sampai jumpa.

No comments:

Post a Comment