Ingin Tahu Kandungan Dari Buah Manggis?

Kandungan Buah Manggis
Sumber Gambar : Zona Informasi Terbaru

Buah manggis saat ini menjadi trend, banyak sekali beredar obat-obatan hasil ekstrak dari buah manggis. Jika kita menonton tv maka tak pelak lagi pasti akan dijumpai beberapa iklan yang menjual produk kesehatan dari buah manggis ini.

Kepopuleran buah manggis ini tidak lepas dari kandungan yang terdapat di dalam buah tersebut. padahal dulu orang enggan untuk memakan buah satu ini. karena bijinya yang besar, dan cara membukanya pun berbeda dengan buah pada umunya. Hal ini dikarenakan manggis memiliki kulit yang tebal sehingga agak susah untuk membukanya dengan tangan tanpa bantuan alat.


Dan yang menarik adalah kandungan serta manfaat terbesar dari buah manggis adalah terletak pada kulit buahnya, bukan pada daging buahnya. Hal ini berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh banyak ahli di berbagai negara maju.

Menurut penelitian, di dalam kulit manggis terdapat antioksidan yang sangat besar. Antioksidan ini sendiri diklaim lebih besar dari buah-buahan lainnya. Selain mengandung antioksidan, buah manggis mengandung banyak sekali vitamin seperti A, B2, B6, dan B12. Kandungan lain yang tidak kalah penting adalah beberapa jenis mineral yaitu kalsium, zat besi, dan kalium. Buah manggis juga mengandung air sebesar 62,05%, protein sebesar 0,71%, karbohidrat sebesar 35,61%, dan lemak sebesar 0,63%.

Selain itu rupanya di dalam kulit buah manggis terdapat beragam khasiatseperti anti mikroba, anti peradangan (seperti yang barusan kami jelaskan), dan anti kanker.

Anti mikroba
Di dalam kulit buah manggis terdapat anti-mikroba terdahap beberapa bakteri seperti Staphylococcus. Bakteri ini sangat resisten terhadap anti-biotik metisiin. Selain itu juga dapat menyembuhkan penyakit seperti TBC, asma, jantung, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Anti peradangan
Hasil penelitian menyebutkan bahwa dengan memakai mangostin dari ekstrak etanol 40% memiliki aktifitas penghambatan terhadap pelepasan nistamin dan sintesis protagladin E2. Nistamin dan sintesis protagladin E2 adalah perantara inflamasi atau dikenal dengan sebutan peradangan.

Anti kanker
Di dalam kulit buah manggis terdapat sifat antiproliferasi yang dapat menghambat pertumbuhan  sel-sel kanker, atau bahkan mampu menghancukannya.

Ada juga kandungan lainnya yang dimana membawa manfaat bagi kesehatan kita, antara lain :
a.       Xanthone
b.      Tanin
c.       Anosianin



a.       Xanthone
Di dalam senyawa xanthone ada sekitar 14 jenis senyawa turunannya. Namun yang paling banyak hanya ada dua yaitu gamma-mangostin dan alfa-mangostin. Lalu seperti apa kedua senyawa tersebut?

Gamma-mangostin : adalah senyawa yang dimana berfungsi sebagai proteksi terhadap serangan penyakit seperti arthritis, dan Alzheimer. Kemudian berfungsi juga sebagai anti-peradangan yang sifatnya jauh lebih baik daripada obat-obat inflamasi yang ada di toko-toko obat.

Alfa-mangostin: adalah senyawa yang berfungsi untuk menekan pembentukan senyawa karsinogen pada kolon

b.      Tanin
Tannin dapat berfungsi untuk menghambat enzim DNA topoisomerase, anti-hemoroid, hemostatik, anti-diare, dan juga mampu menghambat pertumbuhan tumor. Namun, tannin mampu membentuk suatu kompleks kuat yang bergabung dengan protein untuk menghambat penyerapan protein dalam pencernaan. Oleh karena itu kadar tanin harus sangat diperhatikan.

c.       Antosianin
Berfungsi sebagai anti-oksidan yang berperan dalam mencegah beberapa penyakit seperti kardiovaskuler, diabetes, kanker dan neuronal. Antosianin sendiri tidak hanya dijumpai pada buah manggis saja, melainkan pada buah lainnya seperti strawberry, raspberry, apel,dll.

Itulah segudang kandungan yang terdapat di dalam buah manggis. Apakah anda tertarik untuk mengonsumsi buah manggis mulai hari ini. Atau bagi anda yang tidak mau repot dapat membeli produk-produk ektraks dari kulit manggis. Semoga apa yang kami sampaikan pada hari ini dapat bermanfaat. bertemu lagi dipembahasan selanjutnya

No comments:

Post a Comment