Cara Merawat Rambut Berminyak


Sumber Gambar : tipskesehatantradisional.blogspot.com
Cara merawat rambut berminyak sebetulnya mudah dan tidak ribet. Namun, mungkin hanya beberapa orang saja yang mengetahuinya. Cara perawatan yang tepat dapat membuat rambut anda lebih sehat dan nampak berkilau. Sebelum membahas mengenai cara merawat rambut berminyak. Griya Cantik Sehat akan memberikan pertanyaan untuk anda. Apakah anda memiliki rambut berminyak? Apakah anda merasa nyaman dengan rambut berminyak?

Rambut yang berminyak sering kali terlihat lepek, tidak mengembang. Dan yang dikhawatirkan adalah kotoran dapat dengan mudah menempel di rambut anda, sehingga rambut terkesan kotor. Tentunya ada cara-cara perawatan yang harus anda simak. Berikut tips cara merawat rambut berminyak kami hadirkan untuk anda

1.       Memilih shampo yang tepat
Seringkali memang shampo berpengaruh terhadap rambut seseorang. Jika pemakaian salah, maka akibat yang sering terjadi adalah rambut mudah berketombe dan patah. Lihatlah bahan yang terkandung pada shampo yang biasa anda pakai. Karena bahan-bahan tersebut bisa jadi salah satu penyebab rambut anda menjadi berminyak. Nah, ada cara merawat rambut berminyak dengan mencuci rambut anda dua kali.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal (rambut tidak berminyak), maka cucilah rambut anda sebanyak 2x ketika anda keramas. Dalam artian setelah anda menggunakan shampo kemudian dibilas, maka gunakan shampoo untuk yang kedua kalinya.

2.       Hindari menggaruk kepala
Terkadang rasa gatal di kulit kepala mengakibatkan kita secara tidak sadar menggaruknya. Kenapa hal ini dilarang? Karena dengan anda menggaruk kulit kepala, maka kelenjar minyak yang ada di bawah lapisan kulit kepala akan tertekan sehingga produksi minyak akan bertambah. Dan ketika selesai menggaruk, biasanya rasa gatal tersebut semakin bertambah.

3.       Jaga kebersihan rambut
Jika ingin rambut sehat dan menawan, anda harus memperhatikan perawatan rambut secara teratur. Keramaslah paling tidak 2 hari sekali guna memastikan rambut tetap bersih dan bebas dari ketombe.

4.       Banyak mengkonsumsi buah dan sayuran
Karena buah dan sayuran banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh dan juga kaya akan vitamin dan mineral. Dimana vitamin dan mineral ini dapat membantu merawat rambut anda. Maka, mulai dari sekarang perhatikan asupan makanan anda jika ingin rambut anda tidak berminyak.

Lalu bagaimana dengan perawatan yang yang menggunakan bahan-bahan alami.  Berikut 2 cara merawat rambut berminyak secara alami.

1.       Lidah Buaya
Lidah buaya sudah terkenal banyak mengandung khasiat. Salah satunya yaitu bermanfaat untuk rambut. Lalu bagaimana caranya? ambil daun lidah buaya secukupnya, kupas lalu ambil dagingnya. Haluskan daging lidah buaya yang berwarna tranparan ini dengan blender lalu oleskan pada seluruh bagian rambut. Ekstrak daun lidah buaya akan memberikan nutrisi tambahan bagi rambut dan kulit kepala sehingga akan menjadi lebih sehat.  

2.       Lemon (jeruk Nipis) + Yogurt
Cara merawat rambut berminyak berikutnya adalah dengan menggunakan lemon + yogurt. Mungkin anda bertanya-tanya, biasanya yogurt digunakan sebagai makanan, sekarang dapat memberikan perawatan bagi rambut. Lalu bagaimana caranya? Caranya, peras 1 buah lemon atau jeruk nipis lalu campurkan dengan 4-5 sdm yogurt plain dalam satu wadah. Setelah kedua bahan tercampur, oleskan pada seluruh permukaan kulit kepala sampai merata. Diamkan kulit kepala selama 15-20 menit, setelah itu bilas dengan air sampai bersih. Ulangi cara ini 1-2 kali setiap bulan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Itulah ulasan mengenai cara merawat rambut berminyak, semoga dapatbermanfaat bagi anda (Griya Cantik Sehat Lover). Bertemu lagi pada pembahasan berikutnya ya. Ingat, tetap sehat dan cantik bersama Griya Cantik Sehat.

No comments:

Post a Comment